Bagaimanapun
harus diakui bahwa ketertarikan seseorang menghadap sesuatu yg pertama kali
adalah karna ada introksi viksual . Dalam hal ini mereka lebih tertarik untuk
membeli suatu barang karna tertarik dengan kemasananya , walaupun kemasan itu
sendiri belum tentu menjamin kualitas produk itu sendiri
Kemasaan telah menjadi salah satu titik
kombinasi dari proses pemasaran, periklanan, peranan kemasan merupakan salah
satu alat pemasaran yang dapat memberikan pelayanan sendiri, yaitu menyebutkan
ciri ciri produk untuk meyakinkan konsumen guna melakukan keputusan pembelian
dan memberikan kesan yang menguntungkan kemasan yang baik dapat meningkatkan
kemakmuran konsumen, yaitu konsumen bersedia untuk membayar lebih manfaat demi
penampilan.
Kemasan dapat didevinisi kan sebagai seluruh
kegiatan merancang dan memproduksi wadah atau bungkus suatu pruduk . Kemasan
meliputi tiga hal yaitu : merek , kemasan itu sendiri , dan lebel
kemasan dapat meningkatan citra perusahaan
yaitu mengandung kekuatan jika dirancang secara tepat dan cermat
Daya tarik praktis merupakan efektivitas dan efisiensi suatu kemasan
yang ditujukan kepada konsumen maupun distributor. Misalnya, untuk kemudahan
penyimpanan atau pemajangan produk. Beberapa daya tarik praktis lainnya yang
perlu dipertimbangkan antara lain :
a. Dapat
melindungi produk
b. Mudah
dibuka atau ditutup kembali untuk disimpan
c. Porsi
yang sesuai untuk produk makanan/minuman
d. Dapat
digunakan kembali (reusable)
e. Mudah
dibawa, dijinjing atau dipegang Memudahkan pemakai untuk
menghabiskan isinya dan mengisi kembali dengan jenis produk yang dapat diisi
ulang (refill)
Startergi perusahaan dalam
mengantisipasi tantangan , peran dan kekuatan kemasan dalam meningkatkan minat
beli konsumen sangat lah perlu untuk diketahui para produsen. Kemasan itu harus
dapat mencirikan dan membedakan suatu produk dari yg lain.
Jadi berhasil tidak nya suatu desain
pengemasan dalam menarikkonsumen sangatlah tergantung pada presepsi mereka
terhadap suatu merek dan desain dari kemasan tersebut oleh karena itu
perusahaan harus dapat menciptakan suatu merek dan desai kemasan yang menarik
sehingga dapat menggambarkan manfaat produk yang sesuai dengan keinginan dan
kebutuhan konsumen
Tidak ada komentar:
Posting Komentar