Senin, 17 Februari 2014

Tugas Strategi Pemasaran



Diferensiasi Produk Coca-cola VS Big Cola

Coca-cola
Coca-cola merupakan perusahaan minuman terbesar di dunia. Coca cola menjual empat dari lima top minuman non alkohol sedunia, diantaranya: Cocacola, Diet coke, Sprite, dan Fanta. Coca cola mempekerjakan 71.000 orang dilebih dari 200 negara. Coca cola kurang lebih memproduksi 400 merk yang terdiri lebih dari 2600 produk minuman. 

Produk-produk coca cola didistribusikan melalui restoran dan toko makanan, serta pemasok. Coca-Cola pertama kali diperkenalkan pada tanggal 8 Mei 1886 oleh John Styth Pemberton, seorang ahli farmasi dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat. Dialah yang pertama kali mencampur sirup karamel yang kemudian dikenal sebagai Coca-Cola. Frank M. Robinson, sahabat sekaligus akuntan John, menyarankan nama Coca-Cola karena berpendapat bahwa dua huruf C akan tampak menonjol untuk periklanan. Kemudian, ia menciptakan nama dengan huruf-huruf miring mengalir, Spencer, dan lahirlah logo paling terkenal di dunia. 

Strategi Pemasaran Coca-cola Amatil
Strategi pemasaran Coca-Cola unik dan kreatif. Berbagai program promosi diadakan sesuai event yang sedang berlangsung, baik melalui konser musik, pameran, promo penukaran tutup botol, hadiah kejutan, maupun iklan TV. Selain berinovasi dalam produk, kemasan, dan strategi pemasaran; perlengkapan penjualan baru juga dikembangkan ke arah yang lebih baik.
Coca-Cola menciptakan jenis krat baru yang lebih ringan, dibuat dari bahan yang ramah lingkungan. Coca-cola membuat program coca-cola keliling, dengan menggunakan truk yang berisikan Coca-cola dan berbagai hadiah, yang bisa kita dapatkan dengan menarik hadiah tersembunyi yang ada didalam lubang truk tersebut.
Coca-cola juga memberi hadiah pada tutup botol produk Coca-cola Amatil yang bila kita dapatkan kita bisa menukarkannya langsung pada warung atau tempat pembeliannya, kemudian kita bisa dapatkan hadiah yang tertulis pada tutup botolnya.

Jenis-jenis Coca-Cola
  • New Coke (Baru)
  • Diet Coke (Tanpa gula)
  • Coca-Cola C2
  • Coca-Cola Zero (Penuh rasa, tanpa gula)
  • Cherry Coke (Rasa buah ceri)
  • Vanilla Coke (Rasa vanilli)
  • Coca-Cola with Lime (Jeruk nipis)
  • Raspberry Coke (Rasa frambus)
kebihan dari PT Coca-Cola:
  • SDM ynag besar dan terlatih
  • Segmentasi pasar ( hanya memproduksi minuman bersoda )
  • Keadaan distribusi dan pangsa pasar
  • Loyalitas konsumen terhadap produk Coca- Cola
  • Brand Image
  • Pertumbuhan penjualan
  • Varian produk banyak
Kelemahan dari PT Coca-Cola :
  • Ketersediaan bahan baku
  • Biaya produksi yang tinggi
  • Ancaman PT Coca - Cola terhadap pesaing produk Teh
  • Masuknya para pesaing baru
  • Harga lebih mahal




BIG COLA

AJEGROUP adalah perusahaan yang memproduksi, mendistribusikan dan memasarkan sirup dan minuman tak berakohol yang berbasis di Lima, Peru. Perusahaan ini beroperasi di Peru, Ekuador, Republik Dominika, Venezuela, Meksiko, Kosta Rika, Guatemala, Honduras, El Salvador dan Thailand. Perusahaan ini dijalankan oleh Keluarga Añ añ os-Jerí dari Ayacucho, Peru.

Big Cola adalah minuman soda berkarbonasi dari AJE Group. Sejak 15 November 2010, minuman yang diproduksi di Indonesia ini mulai dipasarkan di 4.600 toko ritel Indomaret yang tersebar di Jawa dan Sumatra.

kebihan dari Big Cola:
  • Harga lebih murah
  • Isi lebih banyak
  • Jaminan kualitas produk
  • Big Cola tidak mengandung kafein
  • Terjamin Halal
  • Menggunakan bahan-bahan lokal yang ramah lingkungan dalam proses produksinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar